Hari ini kita membahas tentang model pembelajaran Complex Instruction.
Complex Instruction (CI) adalah pendekatan pedagogi yang didasarkan pada penelitian sosiologi yang bertujuan untuk mengganggu hierarki kecerdasan tradisional dan mendorong interaksi status yang setara di antara siswa, mendorong mereka untuk terlibat dalam tugas-tugas dengan tuntutan kognitif tinggi dalam lingkungan belajar kooperatif.
Model ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi dan pembelajaran bagi setiap anak, dengan fokus pada prinsip-prinsip seperti kemampuan ganda, status dan akuntabilitas, serta intervensi dalam masalah status.
Di CI, guru menggunakan kerja kelompok kooperatif untuk mengajar pada tingkat akademis yang tinggi di kelas yang beragam, memberikan tugas kelompok yang terbuka dan saling bergantung, serta mengatur kelas untuk memaksimalkan interaksi siswa. Siswa berfungsi sebagai sumber akademik dan linguistik satu sama lain dalam kelompok kecil mereka, membina lingkungan belajar kolaboratif.
Pendekatan ini memberikan perhatian khusus pada partisipasi siswa yang tidak setara dan menggunakan strategi untuk mengatasi masalah status, yang bertujuan untuk memastikan partisipasi yang adil dan meningkatkan pembelajaran siswa. Basis pengetahuan teoretis dan empiris dari pengajaran kompleks adalah hasil penelitian terprogram selama bertahun-tahun di ruang kelas heterogen di tingkat sekolah dasar dan menengah.
Model ini menawarkan strategi untuk mengatasi masalah status di kelas, seperti perlakuan multi-kemampuan dan memberikan kompetensi kepada siswa yang berstatus rendah, dengan tujuan untuk mendorong kesetaraan dan mengatasi ketidaksetaraan partisipasi.